Plus Minus Menggunakan Laptop

6 Nov 2010

Harga yang tidak jauh dibanding komputer desktop mengakibatkan pengguna lebih banyak memilih laptop. Bahkan, sekarang sudah banyak netbook (versi minimalis dari laptop) yang harganya sekitar 3-jutaan.

Kebanyakan pengguna laptop menggunakannya untuk keperluan kerja maupun hanya untuk menunjukan kelas sosial pemilikknya. Dengan memiliki laptop, tentu saja kita bisa membawanya ke manapun kita mau. Kerja di mana pun atau hanya sekedar untuk mengakses internet, bisa dilakukan. Apalagi dengan persaingan yang dilakukan pembuatnya, makin banyak laptop yang lebih ringan sehingga lebih enteng dibawa ke mana-mana.

Plus minus menggunakan laptop
Laptop memiliki banyak kelebihan daripada desktop. Apa ini berarti teknologi laptop memang lebih unggul? Belum tentu, tergantung dari penggunaannya sendiri. Beberapa segi positif dari penggunaan laptop adalah sebagai berikut.
1.Kecil dan tidak harus dicolokkan ke sumber listrik, cocok bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi.
2.Praktis dan efisien
3.Tidak membutuhkan ruang kerja yang luas
4.Daya yang diperlukan kecil sehingga cenderung hemat listrik
5.Bisa internetan di mana saja, asal masih dalam area jangkauan internet.

Seperti halnya benda elektronik lainnya, laptop juga memiliki segi negatif. Beberapa di antaranya jika dibandingkan dengan desktop adalah sebagai berikut.
1.Harga memang mulai terjangkau, tapi jika dibandingkan dengan desktop yang memiliki spek sama, tetap saja masih lebih mahal laptop.
2.Tidak semua hardware laptop dapat diupgrade.

3.Jika ada kerusakan pada hardware laptop yang bisa diupgrade, mungkin tidak jadi masalah (harddisk, memori). Namun, jika kerusakan terjadi pada hardware yang tidak bisa dupgrade(motherboard), biaya reparasi bisa sama dengan membeli laptop baru.

4. Jika ada debu di dalam laptop, susah dibersihkan (debu di bawah keyboard, debu dalam kipas), karena harus bongkar laptop terlebih dahulu.
5.Sistem pendingin pada desktop bisa diatur atau diganti-ganti, tetapi tidak demikian dengan laptop. kita hanya dapat menambahkan fan cooler atau cool pad pada bagian bawah laptop, sehingga dalam jangka waktu pemakaian cukup lama, beberapa merek laptop cenderung cepat panas.

(Sumber : Buku Pintar Menguasai Komputer dan Laptop - Jarot Setyaji dan peubahannya)


TAGS laptop pc coolpad


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post